$show=home

Cara Belajar Bahasa Arab yang Benar Agar Anda Cepat Menguasainya

Setelah beberapa minggu saya tidak meng-update tulisan dikarenakan beberapa aktivitas kerja dan kuliah yang harus kejar tayang, akhirnya dengan izin Allah saya bisa kembali berbagi di sini.

Judul di atas adalah kata kunci yang membuat blog ini banyak dicari akhir akhir ini, sekitar hampir 1000-an pengunjung setiap hari, alhamdulillah. Kemudian saya mengucapkan banyak terima kasih kepada anda pengunjung setiap blog ini.

Mari kita mulai...

Saya ingin memulai tulisan ini dengan sebuah pertanyaan yang sangat mendasar terkait dengan judul yang saya tulis di atas.

Bila ada cara belajar bahasa Arab yang benar, maka apakah memang juga ada cara belajar bahasa Arab yang salah?

Jawabannya adalah : IYA

Makanya saya menyempurnakan judul di atas dengan Agar Anda Cepat Menguasainya, untuk memberikan motivasi untuk setiap pemula yang mau belajar bahasa Arab bahwa bila anda belajar bahasa Arab dengan cara yang benar, maka efeknya adalah Anda dapat menguasainya (berbicara, membaca dan membaca) dengan CEPAT.

Itulah sedikit muqaddimah untuk tulisan kali ini. Sekarang, mari kita masuk ke inti.

Sebelum anda mempelajari dan nantinya menyimpulkan bagaimana cara belajar bahasa Arab yang benar, saya akan menyebut 5 cara belajar bahasa Arab yang sering kita temukan dan biasanya diterapkan di lembaga-lembaga pendidikan.

1. Cara Grammar dan Terjemah


Anda pernah melihat orang yang mempelajari bahasa Arab dengan cara membaca kitab gundul (buku bahasa Arab), lalu sang guru menerjemahkan isinya dan membahas grammar/tata bahasa yang terkandung dalam kalimat-kalimatnya?

Mereka sedang belajar bahasa Arab dengan cara pertama ini, cara belajar bahasa Arab dengan mempelajari grammar dan menerjemahkan setiap kata yang ada dalam kalimat-kalimat yang diterjemahkan itu.

Baca tulisan saya sebelumnya tentang Cara Cepat Belajar Membaca Kitab Gundul untuk mendapatkan gambaran yang lebih utuh mengenai salah satu contoh sederhana penerapan cara ini.

Cara belajar model ini adalah cara belajar paling awal dahulu digunakan, dan masih digunakan di beberapa negara hingga saat ini. Tujuan utamanya ada 2, yaitu anda mampu memahami grammar dengan baik dan mengahafal kosakata bahasa Arab.

Pada cara ini guru mengajar bahasa arab menggunakan bahasa Ibu (bahasa Indonesia) sebagai bahasa pengantar utama, dan biasanya guru sangat banyak berbicara bahasa Ibu dibandingkan bahasa Arab itu sendiri.

Oleh karena itu, kerap kali anda yang belajar bahasa Arab dengan cara ini tidak mampu berbicara bahasa Arab, namun memiliki kemampuan membaca dan menulis bahasa Arab yang relatif baik.

Itulah yang menjadi kelemahan cara belajar bahasa Arab model ini, yaitu mengenyampingkan pelatihan kemampuan berbicara, sehingga anda tidak bisa berbicara bahasa Arab dengan baik padahal berbicara adalah asas setiap bahasa.

Kadang-kadang cara grammar dan terjemah ini diterapkan hingga menghilangkan rasa/sense dari bahasa Arab itu sendiri, anda akan kaku dengan grammar/kaidah yang orang arab sendiri sangat jarang menggunakan grammar tersebut ketika mereka berkomunikasi dengan bahasa mereka.

Hal itu terjadi -sekali lagi- karena fokus utama cara ini adalah menjelaskan posisi setiap kata dalam kalimat kemudian memaparkannya dengan gaya ilmu nahwu (ilmu tata bahasa Arab), bukan untuk berkomunikasi secara lisan.

Saya harap anda mengikuti kembali tutorial mengenai Cara Mudah Mempelajari 3 unsur Bahasa Arab dimana salah satu unsurnya adalah Grammar yang di bahasa di cara 1 ini.

2. Cara Interaksi Langsung


Anda pernah mendengar Pare?

Iya, sebuah daerah yang terkenal dengan banyaknya program kursus bahasa Asing, khususnya bahasa Inggris dan bahasa Arab.

Beberapa sahabat saya mendapatkan perubahan berbahasa Inggris yang sangat baik setelah belajar dan berlatih di sana selama kurang dari 6 bulan.

Jangan heran, karena di sana anda tidak mendapati seorang pelajarpun yang rela berbicara panjang lebar dengan bahasa Indonesia.

Oleh karena itulah kemampuan berkomunikasi bahasa Inggris secara lisan mereka begitu cepat melejit, kuncinya satu, langsung praktek, langsung beriteraksi dengan bahasa tersebut.

Demikian pula bahasa Arab, cara kedua ini (cara belajar bahasa Arab dengan interaksi langsung) merupakan cara paling umum digunakan oleh non-pelajar seperti TKI di Timur Tengah, dsb.

Sebelumnya saya pernah menulis : Mau Sukses Bicara Bahasa Arab ? Gunakan Formula ITS, silakan anda praktekkan  tutorial tersebut untuk merasakan cara kedua ini bekerja pada diri anda.

Cara belajar bahasa Arab model ini, yang menjadi fokus utama adalah kemampuan berbicara, tanpa memperhatikan kemampuan membaca, menulis, terjemah dan grammar.

Makanya jangan heran, mengapa TKI tidak bisa membaca kita gundul meskipun mereka bisa mandiri ketika berbelanja di pasar-pasar di Timur Tengah.

3. Cara Mendengar dan Berbicara


Nah, inilah cara belajar bahasa Arab yang lebih menyenangkan dibandingkan 2 cara sebelumnya yang sudah saya jelaskan di atas.

Mengapa?

Karena urutan belajarnya sangat sistematis sesuai dengan proses perkembangan kemampuan komunikasi bayi yang sedang tumbuh.

Perhatikan!

Bila anda belajar bahasa Arab dengan cara ini, itu artinya pertama kali anda akan dipandu secara lisan/tatap muka untuk berlatih mendengar dan berbicara bahasa. Anda akan dipandu melafalkan kosakata/mufradat baru yang nantinya akan dikombinasikan dalam kalimat. Guru hanya menjelaskan makna kepada anda dengan isyarat-isyarat khusus (gambar, simbol, dll), tanpa menerjemahkannya secara langsung.

Silakan mampir ke tulisan 5 Tahap Berlatih Bicara Bahasa Arab yang Efektif untuk Segala Usia dan halaman Kelas Bebas Bea di blog ini untuk mengetahui bagaimana Anda belajar bahasa Arab dengan cara ini menggunakan buku panduan bahasa Arab Al-Arabiyyah baina Yadaik jilid 1a.

Hal ini dilakukan hingga anda sampai di tingkatan anda mampu berbicara dengan baik.

Berikutnya baru anda dipandu untuk berlatih membaca dan menulis. Di sini anda baru mempelajari grammar bahasa Arab secara khusus namun tujuannya tetap agar anda mampu membaca dan menulis.

Jadi Anda mendapatkan 1 paket utuh bahasa Arab bila belajar menggunakan cara ini.

Peran seorang guru pada cara belajar bahasa arab ini biasanya sangat besar dan guru harus memiliki kemampuan mengajar bahasa Arab di atas rata-rata.

4. Cara Selektif


Apakah Anda pernah melihat seorang guru bahasa mengajar bahasa Arab, tapi tanpa menggunakan buku atau diktat khusus?

Dia mulai mengajar dengan -sepertinya- sesuka hati, tapi tetap terstruktur dan fokus terhadap penigkatan kemampuan yang dibutuhkan oleh para pelajar?

Kalau anda menjawabnya IYA, maka inilah yang saya maksud dengan cara belajar bahasa Arab selektif.

Artinya sang guru bebas memilih dan mengajar agar pelajarnya belajar dengan salah satu cara belajar yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka dari 3 cara sebelumnya di atas.

Filosofi cara selektif ini adalah : “Setiap cara belajar ada keistimewaan tersendiri untuk berlatih bahasa Arab, tidak ada cara belajar bahasa Arab yang sempurna, cara-cara tersebut saling melengkapi satu sama lain dan tidak bertentangan, serta tidak ada cara belajar bahasa Arab yang mampu sesuai dengan seluruh tujuan, pelajar dan program pelatihan”.

Jadi, inilah cara yang semestinya dikuasai oleh setiap guru bahasa Arab dan inilah pula cara yang semestinya anda pahami sebelum mempelajari bahasa Arab, sehingga anda tahu berada di level mana anda sekarang, dari mana anda mulai belajar, apa yang anda butuhkan dari bahasa Arab, dan apa tujuan akhir dari belajar bahasa Arab yang anda ikuti

5. Cara Interaksi Sosial


Cara ini sebenarnya adalah cara yang sangat unik, saya akan sedikit bercerita agar anda mudah memahaminya.

Saya yakin anda mungkin pernah mendengar tentang sebuah keluarga besar, keluarga Gen Halilintar, seluruh anggota keluarganya berbicara bahasa Inggris sejak kecil di dalam keluarga itu.

Mereka belajar bahasa Arab pada awalnya karena satu tujuan, agar mereka mudah berkomunikasi dengan siapapun ketika mereka harus pindah-pindah antar negara.

Nah, bisa kita simpulkan bahwa cara interaksi sosial adalah cara belajar bahasa apa saja yang tujuannya hanya untuk berinteraksi dengan orang lain secara lisan, tanpa memperhatikan sisi kemampuan membaca dan menulis.

Setelah anda mengetahui 5 cara belajar bahasa Arab di atas, maka sekarang mungkin anda akan kembali bertanya : Apa cara belajar bahasa arab yang benar agar anda cepat menguasainya?

Cara belajar bahasa Arab yang benar (menurut pengalaman saya mengajar bahasa Arab selama 6 tahun lebih serta hasil dari keikutsertaan saya di beberapa pelatihan guru bahasa Arab untuk non-arab) adalah Cara Selektif yang saya jelaskan di point ke #4 di atas.

Saya sangat senang dengan kalimat berikut, maka saya ulangi lagi:

Setiap cara belajar ada keistimewaan tersendiri untuk berlatih bahasa Arab, tidak ada cara belajar bahasa Arab yang sempurna, cara-cara tersebut saling melengkapi satu sama lain dan tidak bertentangan, serta tidak ada cara belajar bahasa Arab yang mampu sesuai dengan seluruh tujuan, pelajar dan program pelatihan.

Intinya adalah pelajarilah bahasa arab sesuai dengan tujuan yang anda inginkan, contoh Anda ingin memiliki skill mendengar dan berbicara bahasa Arab agar bisa mengambil faedah dari para ulama melalui YouTube, maka silakan anda belajar menggunakan cara #3 Cara Interaksi Langsung atau #5 Cara Interaksi Sosial.

Anda ingin belajar bahasa Arab agar mahir membaca kitab arab gundul ? Gunakan cara #1 Cara Grammar dan Terjemah, begitulah seterusnya.

Tempuh jalan yang akan membawa anda ke tujuan Anda!

Salam

Muhammad Rifyal
Owner Arabic Quantum Learning

Tanggapan

Buku Panduan Bahasa Arab Al-Arabiyah Baina Yadaik Jilid 1 Bagian 1
Nama

2018,1,Banda Aceh,2,Belajar Baca Al-Qur'an,3,Belajar Bahasa Arab,17,Belajar Menghafal Al-Quran,7,Belajar Online,2,Buku Panduan Bahasa Arab,7,Gratis,1,Grup WA Bahasa Arab,1,Informasi,3,Kelas AQL Premium,1,Kenap Belajar Bahasa Arab,1,Kursus Bahasa Arab,1,Kursus Bahasa Arab via WhatsApp,1,Les Bahasa Arab,1,Level 3,1,Mahir Baca Al-Qur'an,2,Motivasi Belajar Bahasa Arab,1,Pelatihan Bahasa Arab,1,Tahfidz Intensif,1,Tahfidz Online,2,Tahfidz WhatsApp 2018,1,Tahsin via WhatsApp,3,
ltr
item
Arabic Quantum Learning - Kursus Bahasa Arab Online Untuk Pemula: Cara Belajar Bahasa Arab yang Benar Agar Anda Cepat Menguasainya
Cara Belajar Bahasa Arab yang Benar Agar Anda Cepat Menguasainya
https://4.bp.blogspot.com/-uuLaRxvkcP8/Wi6xKsck9KI/AAAAAAAAA3g/4jHCqg9tdu4WoKTYXJif0SMPID0q93LUgCLcBGAs/s1600/IMG_20171211_232215.png
https://4.bp.blogspot.com/-uuLaRxvkcP8/Wi6xKsck9KI/AAAAAAAAA3g/4jHCqg9tdu4WoKTYXJif0SMPID0q93LUgCLcBGAs/s72-c/IMG_20171211_232215.png
Arabic Quantum Learning - Kursus Bahasa Arab Online Untuk Pemula
https://www.arabicquantum.com/2017/12/cara-belajar-bahasa-arab.html
https://www.arabicquantum.com/
https://www.arabicquantum.com/
https://www.arabicquantum.com/2017/12/cara-belajar-bahasa-arab.html
true
7796415163076672810
UTF-8
Muat Semua Tulisan Not found any posts Tampilkan Semua Selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan Tampilkan Semua Rekomendasi untuk Anda Kategori Arsip Cari Semua Postingan Not found any post match with your request Ke Beranda Ahad Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ahd Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April May Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Sali Semua Kode Pilih Semua Kode All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy