$show=home

Seberapa Efektifkah Belajar Bahasa Arab Online via WhatsApp ?

Coba anda ketik 'belajar bahasa Arab online' di Google, anda akan menjumpai sekian banyak website yang menawarkan program belajar bahasa Arab jarak jauh. Islamdownload.net pernah me-review 5 penyedia layanan belajar bahasa Arab online terbaik dari sekian banyak program yang ada.

Nah, tumbuh kembangnya program-program tersebut menandakan kian tingginya semangat masyarakat negeri ini belajar bahasa Arab, khususnya mereka yang sibuk dengan aktifitras hariannya sehingga tidak sempat menyediakan waktu khusus datang ke tempat belajar.

Semangat ini harus kita jaga, sehingga belajar bahasa yang telah Allah pilih sebagai bahasa Kitab Suci Nya ini menjadi semakin ringan dan menyenangkan, meski melalui jarak jauh, dan tentu kita terus diminta untuk mengilmui tata cara belajar yang efektif, karena ada banya kendala yang mungkin terjadi di program belajar jarak jauh tersebut.

Oleh karena itu saya sempat menulis Cara Belajar Bahasa Arab yang Benar Agar Anda Cepat Menguasainya agar anda tidak salah cara dalam mempelajari bahasa Arab tersebut.

Jika anda seorang yang lumayan sibuk, mungkin tulisan Mau Sukses Bicara Bahasa Arab ? Gunakan Formula ITS layak anda baca sebelum melanjutkan ke bagian berikutnya.

Kita kembali. Pertanyaan yang saya jadikan judul tulisan di atas adalah pertanyaan yang unik untuk ditanggapi, karena di satu sisi kita merasakan nikmat Allah yang luar biasa berupa perkembangan media komunikasi, adapun di sisi lain justru perkembangan tersebut dijadikan untuk bermalas-malasan. oleh sebagian kita.

Oleh karena itu, untuk menjawab pertanyaan tersebut saya mesti menjelaskan terlebih dahulu duduk  permasalahan tentang bagaimana mensyukuri nikmat perkembangan teknologi komunikasi, disertai memanfaatkannya dengan sempurna dalam rangka mempelajari dan berlatih bahasa arab secara online via WhatsApp.

Mengapa saya menyebut WhatsApp ?

WhatsApp adalah aplikasi perpesanan yang paling banyak digunakan di dunia, dan hampir dapat dipastikan bahwa setiap orang yang memiliki smartphone membukanya setiap hari, berbeda dengan aplikasi-aplikasi perpesanan lainnya.

Baik, lanjutkan membaca.

1. Kendala Belajar Bahasa Arab Online via WhatsApp

Setelah kurang lebih 2 tahun saya mengelola dan memimpin Tim Kursus Bahasa Arab di Arabic Quantum Learning, biasanya beberapa kendala di bawah ini yang menghambat suksesnya proses belajar bahasa Arab online via WhatsApp:

Dari sisi pengajar


Pengajar tidak berkesempatan memantau para pelajar bahasa Arab secara langsung, sehingga skill/kemampuan berbahasa yang sudah dipaparkan dan diajarkan kepada mereka cenderung bersifat abstrak.

Sangat jarang ada pengajar yang memiliki kemampuan menjelaskan/memandu skill bahasa hanya melalui suara (satu arah), ini akan membuat pelajar kebingungan ketika harus mengaitkan satu materi dengan materi berikutnya.

Pengajar tidak memiliki pengalaman menggunakan media telekomunikasi modern (WhatsApp) meskipun mampu mengajar skill bahasa secara langsung (offline

Pengajar tidak mampu menyampaikan pelajaran secara menarik, sistematis dan berbobot, ini juga akan mengakibatkan menurunnya motivasi belajar para pelajar nantinya.
Dari sisi pelajar

Pelajar yang sudah mendaftar cenderung malas mengikuti pelajaran, biasanya dikarenakan materinya hanya berupa teori semata.

Pelajar tidak memiliki waktu yang cukup untuk mengikuti setiap pelajaran yang disajikan di Kelas Online, sehingga keti 1 pelajaran tertinggal maka poin pertama di atas lah yang terjadi.

Pelajar buru-buru ingin mahir menguasi seluruh skill berbahasa Arab, ini akibatnya fatal, pelajar bisa meremehkan pelajaran yang sudah dipalajari tanpa memperhatikan kualitas pemahaman/aktualisasi yang sudah ia dapatkan.

Pelajar banyak bertanya tentang kaida-kaidah bahasa yang belum diajarkan, bahkan kadang tentang kaidah-kaidah yang tidak pernah dia akan gunakan.

Pelajar tidak mau menghafal kosakata dan pola-pola kalimat baru, sehingga membuatnya sulit menggunakan bahasa di saat mendadak dia harus berbahasa Arab.
Dari sisi bahan ajar/pelajaran

Sangat jarang yang memahami tentang 2 hal ini, belajar bahasa dan belajar ilmu bahasa, belajar bahasa artinya belajar menguasai 4 skill berbahasa, mendengar, berbicara, membaca dan menulis, adapun belajar ilmu bahasa adalah belajar tata bahasa (nahwu), asal usul kata ('arudh), sastra arab (adab dan balaghah) dan lain-lain (banyak sekali, dan hanya dipelajari oleh orang yang ingin menjadi pakar bahasa Arab). 

Maka pelajaran yang disajikan untuk pemula (apalagi belajarnya via WhatsApp) sangat tidak relevan jika tujuannya adalah untu belajar ilmu bahasa, karena hasil akhirnya pasti kebingunan dan tidak mampu berbahasa Arab secara lisan dan tulisan (hanya pandai teorinya saja).

Hal yang juga jarang diperhatikan adalah berkaitan dengan urutan/sistematika pembelajaran bahasa Arab. Banyak program belajar bahasa Arab online mulai menyajikan pelajaran tentang menulis dan membaca sebelum mendengar dan berbicara. Padahal asas suatu bahasa adalah mendengar dan berbicara.

Kaku dan hanya berpatokan pada buku tertentu, sehingga acuan keberhasilan pengajar dan pelajar dilihat dari berapa halaman buku yang sudah mereka pelajari, dan ini berbahaya karena sebenarnya buku panduan belajar bahasa Arab hanya sebatas sarana/media, bukan esensi dari suatu program belajar baahsa Arab.

Banyak yang sudah belajar hanya melalui buku namun tetap belum bisa membaca kitab berbahasa Arab disebabkan kesalahan di awal mereka belajar.

2. Solusi Belajar Bahasa Arab Online via WhatsApp

Untuk menyelesaikan persoalan di atas, maka perlu mengilmui konsep pembelajaran bahasa Arab secara offline secara komprehensif terlebih dahulu sebelum berbicara/membuat/menerapkannya pada program belajar bahasa Arab online.

Sebagai contoh, pelajar yang cenderung malas mengikuti pelajaran yang disajikan secara online, maka pengajar harus membayangkan bahwa pelajar yang dia pandu itu hadir di hadapannya, sehingga ia tahu hal apa saja yang akan membuat pelajar itu rajin berlatih atau sebaliknya.

Hal lain yang juga sangat penting diperhatikan adalah seputar belajar bahasa dan belajar ilmu bahasa. Maka belajar bahasa lah sebenarnya tujuan program belajar bahasa Arab online untuk pemula.

Untuk kendala bahan ajar/kurikulum, saya menyarankan para pengajar dan pelajar bahasa Arab menggunakan serial buku Al-Arabiyyah baina Yadaik, dimana serial buku tersebut sudah menyertakan paket untuk Pengajar (silakan download buku Al-Arabiyyah Baina Yadaik Muallim format pdf di sini Gratis) dan Paket untuk Pelajar (donwload buku Al-Arabiyyah Baina Yadaik untuk Pelajar di sini).

Untuk memudahkan, anda juga bisa mendapatkan audio serial buku tersebut secara gratis di sini.

3. Efektivitas Belajar Bahasa Arab Online via WhatsApp

Ini sebenarnya pertanyaan inti mengapa tulisan ini terbit, jawabannya - menurut kami - tergantung.

Tergantung siapa pengajarnya, siapa pelajarnya dan bagaimana kurikulum belajarnya.

Jika anda masuk ke dalam keadaan 3 hal tersebut persis seperti yang saya sampaikan di poin kendala di atas, maka program belajar bahasa arab Online via WhatsApp sangat tidak efektif. Saya menganjurkan anda untuk tidak mengikutinya.

Namun, apabila pengajarnya dapat memantau pelajar (dengan berbagai cara, dan itu bisa dengan memberikan instrumen-instrumen tugas insya Allah), anda (sebagai pelajar misalnya) memiliki komitmen yang kuat untuk belajar serta program belajar dan kurikulumnya jelas, maka program belajar bahasa arab Online via WhatsApp sangat efektif.

Saya mengharuskan anda mencobanya dengan serius.

4. Program Belajar Bahasa Arab Online via WhatsApp Terbaik di Indonesia

Pertanyaannya, dimanakan program tersebut ada?

Saya tidak ingin buru-buru memastikannya sebelum anda merasakan sensasi belajar sendiri.

Anda boleh bergabung/mendaftar (Gratis) di Kelas Belajar Bahasa Arab untuk Pemula via WhatsApp melalui link berikut.

[Kelas Belajar Bahasa Arab via WhatsApp]

Kuotanya terbatas, dan jika nantinya anda ingin melanjutkan ke Kelas Berbayar, maka silakan meminta pengelola Kelas tersebut untuk memandu anda.

Demikian, silakan tulis pertanyaan anda di bawah terkait dengan tulisan ini. Sampai jumpa di tulisan berikutnya.

Salam.
Muhammad Rifyal

Tanggapan

Buku Panduan Bahasa Arab Al-Arabiyah Baina Yadaik Jilid 1 Bagian 1
Nama

2018,1,Banda Aceh,2,Belajar Baca Al-Qur'an,3,Belajar Bahasa Arab,17,Belajar Menghafal Al-Quran,7,Belajar Online,2,Buku Panduan Bahasa Arab,7,Gratis,1,Grup WA Bahasa Arab,1,Informasi,3,Kelas AQL Premium,1,Kenap Belajar Bahasa Arab,1,Kursus Bahasa Arab,1,Kursus Bahasa Arab via WhatsApp,1,Les Bahasa Arab,1,Level 3,1,Mahir Baca Al-Qur'an,2,Motivasi Belajar Bahasa Arab,1,Pelatihan Bahasa Arab,1,Tahfidz Intensif,1,Tahfidz Online,2,Tahfidz WhatsApp 2018,1,Tahsin via WhatsApp,3,
ltr
item
Arabic Quantum Learning - Kursus Bahasa Arab Online Untuk Pemula: Seberapa Efektifkah Belajar Bahasa Arab Online via WhatsApp ?
Seberapa Efektifkah Belajar Bahasa Arab Online via WhatsApp ?
https://4.bp.blogspot.com/-olMYqIBIVGU/WshrghHnQ9I/AAAAAAAABJo/xTAl-pmVChAPctoHq3enYCtAENgoaTCdACLcBGAs/s640/belajar%2Bbahasa%2Bonline.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-olMYqIBIVGU/WshrghHnQ9I/AAAAAAAABJo/xTAl-pmVChAPctoHq3enYCtAENgoaTCdACLcBGAs/s72-c/belajar%2Bbahasa%2Bonline.jpg
Arabic Quantum Learning - Kursus Bahasa Arab Online Untuk Pemula
https://www.arabicquantum.com/2018/04/efektivitas-belajar-bahasa-arab-online.html
https://www.arabicquantum.com/
https://www.arabicquantum.com/
https://www.arabicquantum.com/2018/04/efektivitas-belajar-bahasa-arab-online.html
true
7796415163076672810
UTF-8
Muat Semua Tulisan Not found any posts Tampilkan Semua Selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan Tampilkan Semua Rekomendasi untuk Anda Kategori Arsip Cari Semua Postingan Not found any post match with your request Ke Beranda Ahad Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ahd Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April May Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Sali Semua Kode Pilih Semua Kode All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy