$show=home

Trik Tercepat Bisa Langsung Bicara Bahasa Arab 3 Bulan Dijamin

Ini adalah tulisan dadakan saya hari ini, sambil menunggu seseorang datang bertamu ke rumah saya. Dia adalah adik ipar saya berusia kurang lebih 13 tahun baru masuk pondok pesantren tahun ini (2018).

Ceritanya dia mau kembali ke pesantren dan seperti yang Anda tahun bahwa salah satu kurikulum andalan pesantren itu adalah praktek bahasanya, bahasa Arab dan bahasa Inggris.

Kali ini kita tidak akan membahasa adik ipar saya tersebut, meski ada kaitannya sedikit karena saya  akan cerita awal mula saya dulu belajar bahasa Arab di pondok pesantren setingkat D1. Dan ini adalah cerita langka, saya baru menceritakan ini kepada beberapa orang sahabat saya saja sebelumnya.

Saya yakin Anda insya Allah akan dapat inspirasinya.

Tahun 2009 adalah tahun yang penuh dengan keputusan-keputusan besar dalam hidup saya, saat itu saya yang Alhamdulillah mendapatkan beasiswa undangan ke salah satu Universitas di Jerman mengurungkan niat ke sana.

Bayangkan betapa marahnya orang tua saya karena saya tidak langsung menerimanya, tapi saya berniat menundanya hingga tahun depannya (2010), hanya karena 1 hal saja.

Apa itu? (Anda bertanya)

Karena saya ingin belajar BAHASA ARAB.

Pertanyaann berikutnya muncul, mengapa saya ingin belajar bahasa Arab?

Awalnya tujuan saya sangat sederhana, sesaat setelah saya membaca sebuah tulisan (terjemahan dari bahasa Arab) bahwa salah seorang Ahli Ilmu abad ini, beliau Syaikh Muhammad bin Sholeh Al-Utsaimin -rahimahullah-ditanya tentang hal apa saja yang mesti dipersiapkan oleh seorang muslim yang ingin belajar ke Barat.

Beliau menjawab bahwa Ilmu tentang Aqidah dan beberapa ilmu dasar dalam Islam mesti ia pelajari terlebih dahulu dari para ulama sebelum dia belajar ke sana, kira-kira begitu jawaban beliau - rahimahullah -.

Kesimpulan saya, saya tidak mungkin belajar/mendalami satu per satu ilmu-ilmu Islam, jadi saya cukup belajar bahasa Arab lalu tatkala nanti saya sudah di Eropa saya bisa dengan mudah mengakses video-video para ahli ilmu dari Timur Tengah via YouTube dan bahkan saya bisa membuka lembaran-lembaran pdf kitab mereka di Waqfeya.com.

Itu kesimpulan saya.

Saya cari informasi program bahasa Arab di Internet dan media cetak, dan akhirnya Akademi Dakwah As-Sunnah memikat hati saya karena program pembelajaran bahasa Arab di sana sangat mutakhir, dimana pada akhirnya metodenya pun sekarang saya terapkan para program Arabic Quantum Leanring.

Saya daftar, berangkat dari kota saya (Banda Aceh) ke Kota Medan, dimana Akademi Dakwah As-Sunnah terletak, tepatnya sebenarnya buka di Kota Medannya, namun di daerah Sei Glugur, Deli Serdang, saat ini Akademi Dakwah As-Sunnah sudah tidak ada lagi, karena sudah bertransformasi, bagi yang penasaran, tanya aja di kolom komentar di bawah ya! Nanti akan saya jawab.

Di awal pembelajaran (Program D1 Bahasa Arab) saya berasa kikuk, bagaimana tidak, kira-kira hampir 1/2 isi kelas sudah pernah belajar bahasa Arab sebelumnya.

Karene sebelumnya, ada yang sedang menghafal kitab Al-Ajrumiyyah (kitab kumpulan kaidah-kaidah tata bahasa Arab).
Ada yang sedang belajar Nahwu dan Shorof, wah bisa gak nih saya ikut belajar?

Tapi beda ceritanya ketika Dosen (bahasa Arab pertama saya) masuk, Beliau adalah Ustadz Muhammad Ihsan, M.Pd, semua yang semula membuat saya kikuk tersebut terbantahkan sudah.

Nanti di akhir saya akan sematkan video motivasi bahasa Aab dari beliau yang kemarin tanggal 5 Agustus 2018 saya ambil saat saya silaturahim ke Kota Medan.

Ada beberapa dosen yang lainnya seperti Ustadz Sofyan Sinaga, Lc, M.A, Ustadz Suwarsono, Lc, Ustadz Wahid Hasyim, Lc, M.A dan beberapa Dosen yang lainnya.

Namun tetap pertemuan pertama itu tidak akan terlupakan kesannya, Ustadz Muhammad Ihsan adalah yang pertama kali memberi salam, melangkahkan kakinya ke kelas kami yang saat itu masih berada di Masjid/Mushalla Akademi Dakwah As-Sunnah.

Kita kembali, mengapa beliau membuat saya dan kami yang tidak pernah belajar bahasa Arab sebelumnya kembali percaya diri belajar dan bersemangat?

Pertama, beliau menanamkan bahwa Bahasa Arab itu mudah dan menyenangkan. Sehingga siapapun sebenarnya bisa menguasainya dengan mudah dan dia akan menikmati setiap prosesnya.

Terbukti bahwa pembelajaran bahasa Arab di kelas saat itu sangat seru bahkan menjadi momen yang sangat kami rindukan ketika kami tidak berada di kelas, aneh kan.

Kedua, beliau melatih kami berbahasa Arab, jadi bukan hanya mengajarkan kami.

Kami dipandu tahap demi tahap, tidak pernah kami diminta untuk menghafal di awal-awal, karena yang terpenting adalah kita mempraktekkan apa yang sudah kita pelajari meski melihat buku catatan kecil.

Tidak pernah kami mengenal istilah-istilah seperti fi'il, maf'ul, isim, mashdar, jar majruj dan istilah-istilah lannya, tapi kami diajari menggunakan pola-pola kalimat bahasa Arab yang memang sehari-hari kami gunakan.

Seperti pola berikut ini:

Saya sedang (baca buku/belajar/shola/mai bola/makan/minum/mandi) dst.

Di mana (kamu/dia/Ustadz/teman saya) dst.

Dari mana (kamu/dia/Ustadz/teman saya) dst.

Saya tinggal di (rumah/apartemen/desa/kota) dst.

Dan pola-pola kalimat yang lain yang ada di textbook yang kami gunakan, yaitu Al-Arabiyyah Baina Yadaik yang saat itu masih cetakan lama hitam putih karena kami hanya mampu memiliki kopiannya.

Jadi, kami belajar bertahap.

Ketiga, Kami di push/paksa untuk praktek berbahasa Arab setelah kami mampu melakukannya.

Ini yang sangat jarang dipahami oleh perancang kurikulum bahasa di pondok-pondok pesantren.

Peraturan berbahasa hanya akan berjalan jika santri nya sudah mampu berbahasa, meski hanya sedikit.

Oleh karena itu setiap pagi Jum'at Akademi Dakwah As-Sunnah mewajibkan seluruh mahasantri nya untuk mengikuti/menyelenggarakan Muhadatsah Usbu'iyyah (Percakapan Mingguan dalam bahasa Arab) yang sifatnya bertemakan tertentu.

Hebatnya lagi, mahasantri yang baru masuk dipasangkan dengan mahasantri yang bahasa Arabnya sudah seperti air mengalir, bayangkan percepatan bahasa Arab saya saaat itu.

Hanya dengan 3 tahap di atas, 3 bulan berikutnya saya dan mayoritas teman-teman saya sekelas yang sebelumnya tidak pernah belajar bahasa Arab sudah berani langsung ngomong bahasa Arab dengan tamu-tamu yang datang dari Arab Saudi ke Akademi Dakwah As-Sunnah.

Jika rasa percaya diri sudah tumbuh karena kita sudah berani bicara langsung dengan orang Arab, maka baru Anda akan termotivasi untuk terus mendalami kaidah-kaidah bahasa Arab.

Itu yang saya rasakan, dan saya harap Anda juga merasakannya saat belajar di Arabic Quantum.

Sekarang tamunya sudah datang, nanti saya akan lanjutkan ceritanya jika memang teman-teman mau mendengarkan lagi insya Allah.

Oiya, sesuai janji saya di atas, berikut videonya.

(akan diupdate, videonya sedang edited)

Salam
Muhammad Rifyal.
Owner Arabic Quantum
Banda Aceh 26 Agustus 2018

Tanggapan

Buku Panduan Bahasa Arab Al-Arabiyah Baina Yadaik Jilid 1 Bagian 1
Nama

2018,1,Banda Aceh,1,Belajar Baca Al-Qur'an,2,Belajar Bahasa Arab,16,Belajar Menghafal Al-Quran,5,Belajar Online,1,Buku Panduan Bahasa Arab,7,Gratis,1,Grup WA Bahasa Arab,1,Informasi,4,Kelas AQL Premium,1,Kenap Belajar Bahasa Arab,1,Kursus Bahasa Arab,1,Kursus Bahasa Arab via WhatsApp,1,Les Bahasa Arab,1,Level 3,1,Mahir Baca Al-Qur'an,2,Motivasi Belajar Bahasa Arab,1,Pelatihan Bahasa Arab,1,Tahfidz Intensif,1,Tahfidz Online,1,Tahfidz WhatsApp 2018,1,Tahsin via WhatsApp,2,
ltr
item
Arabic Quantum Learning - Kursus Bahasa Arab Online Untuk Pemula: Trik Tercepat Bisa Langsung Bicara Bahasa Arab 3 Bulan Dijamin
Trik Tercepat Bisa Langsung Bicara Bahasa Arab 3 Bulan Dijamin
https://3.bp.blogspot.com/-XWidqMEnmQc/W4TBp2vIOyI/AAAAAAAABwo/AsdDXpJoJIg7TPP-VvB0MPtwx3zXjm9fQCLcBGAs/s1600/Trik%2BJalan%2BPintas%2BMahir%2BBahasa%2BArab.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-XWidqMEnmQc/W4TBp2vIOyI/AAAAAAAABwo/AsdDXpJoJIg7TPP-VvB0MPtwx3zXjm9fQCLcBGAs/s72-c/Trik%2BJalan%2BPintas%2BMahir%2BBahasa%2BArab.jpg
Arabic Quantum Learning - Kursus Bahasa Arab Online Untuk Pemula
https://www.arabicquantum.com/2018/08/cara-bisa-langsung-bahasa-arab.html
https://www.arabicquantum.com/
https://www.arabicquantum.com/
https://www.arabicquantum.com/2018/08/cara-bisa-langsung-bahasa-arab.html
true
7796415163076672810
UTF-8
Muat Semua Tulisan Not found any posts Tampilkan Semua Selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan Tampilkan Semua Rekomendasi untuk Anda Kategori Arsip Cari Semua Postingan Not found any post match with your request Ke Beranda Ahad Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ahd Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April May Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Sali Semua Kode Pilih Semua Kode All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy